Hatami Cuma anak kemarin sore yang ingin terus belajar dan berbagi.

Cara Mematikan Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Secara Permanen dan Sementara

Pusing mau mematikan Windows defender?

Windows defender adalah salah satu software antivirus yang sudah tersedia di berbagai versi Windows dengan fungsi melindungi keamanan sistem dan data di device.

Software ini dapat di buka di semua Windows namun jika Anda masih menggunakan Windows 8.1 ke bawah diwajibkan untuk download dan install sendiri karena pada dasarnya software tersebut mulai tersedia di Windows 8.1 ke atas.

Di beberapa kasus software Windows defender harus di nonaktifkan berkaitan dengan beberapa hal penting yang ingin dilakukan user termasuk dalam penginstalan software yang dicekal dan dianggap virus.

Untuk keamanan Windows defender sangat di rekomendasikan jika Anda tidak memiliki antivirus eksternal karena kemampuannya dalam mendeteksi virus sangatlah bagus termasuk virus yang berskala kecil sekalipun.

Berikut ada dua cara mematikan Windows defender dengan mudah yang bisa coba Anda praktekkan:

  1. Mematikan Windows defender sementara melalui Pengaturan Windows 10.
  2. Nonaktifkan Windows defender permanen dengan Registry Editor (Regedit).
  3. Mematikan Windows defender permanen melalui Services.

Mengapa Windows Defender Perlu di Nonaktifkan?

Windows defender yang merupakan software dengan fungsi antivirus atau melindungi sistem ini sangat peka terhadap penginstallan software termasuk akses terhadap file dan dokumen privasi sehingga menyulitkan user mengakses file penting.

Nah dengan kondisi seperti ini perlu untuk mematikan Windows defender sementara agar dapat mengakses beberapa file penting dan install software di laptop dengan lancar.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Sementara

Mematikan Windows defender Windows 10 sementara sangatlah mudah. Namun sebelum Anda mematikan Windows defender pastikan Internet dimatikan/tidak terhubung supaya aman dari ancaman malware dan virus yang dapat masuk melalui koneksi Internet. Tutorial lengkapnya simak penjelasan di bawah ini:

  • Masuk ke menu Start yang terdapat di Windows 10.
  • Ketik dan cari dengan kata kunci “Windows Security” pada kolom pencarian.
  • Masuk ke aplikasi Windows Security.
  • Tunggu sampai halaman utama terbuka di laptop Anda.
  • Pilih dan klik menu Virus & threat protection.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Tanpa Aplikasi
  • Kemudian pilih Manage Settings.
  • Berikutnya pada tombol Real-time protection yang semula ON ubah menjadi Off untuk mematikan Windows defender Windows 10.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Pro

Catatan: Cara ini mungkin dapat digunakan di semua versi Windows defender. Untuk kamu pengguna Windows lama mungkin bisa mencoba utak atik terlebih dahulu.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Secara Permanen

Setelah sebelumnya membahas mengenai cara mematikan Windows defender di Windows 10 secara sementara. Kali ini saya akan membahas yang lebih Advanced dan mungkin kamu perlu sedikit teliti untuk tutorial kali ini.

1. Menggunakan Registry Editor

Seperti yang sudah di sebutkan diatas bahwa cara ini sedikit advanced namun sangat ampuh untuk mematikan Windows defender secara Permanen.

Untuk langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini:

  • Buka Registry Editor atau Regedit. Caranya sangat mudah dengan hanya menekan tombol CTRL + R di keyboard untuk membuat perintah masuk ke RUN. Ketik Regedit dan tekan enter.
Cara Mematikan Windows Defender dengan Registry Editor
  • Setelah aplikasi Registry Editor terbuka, klik menu HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.
Cara Mematikan Windows Defender Secara Permanen
  • Kemudian pada jendela bagian kanan layar. Klik 2X pada menu Start sehingga muncul jendela baru dengan penampakan di bawah ini.
  • Ganti Value data menjadi 4 dan pastikan opsi Base menggunakan Hexadecimal.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Permanen
  • Selanjutnya klik Ok dan Restart laptop untuk dapat merasakan perubahannya. Secara otomatis Windows defender akan mati secara Permanen.
  • Untuk dapat mengaktifkannya kembali. Buka Regedit seperti metode di atas, lalu pada menu Start ubah Value kembali ke default dengan nilai 2 dan Restart laptop.

2. Melalui Services

Selain menggunakan Regedit. Kita juga dapat menggunakan Services untuk mematikan Windows defender secara Permanen. Caranya tidak terlalu sulit kok hanya perlu sedikit ketelitian.

Cara mematikan Windows defender melalui Services:

  • Buka Run atau tekan CTRL + R di keyboard untuk lebih cepat. Ketik Services.msc lalu tekan Ok atau enter untuk masuk ke Services.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 dengan Cepat
  • Setelah Services terbuka. Cari Windows Defender, klik 2X atau klik kanan dan pilih Properties.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Melalui Services
  • Kemudian pada tahap General. Ubah Startup type menjadi Disable. Klik Apply dan tekan Ok. Secara otomatis Windows defender akan mati secara Permanen.
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Lengkap
  • Jika di kemudian hari Anda ingin mengaktifkan kembali Windows defender melalui Services maka pergi pengaturan seperti diatas. Ubah Startup type menjadi Automatic kembali. Klik Apply dan tekan Ok.
  • Selanjutnya Restart laptop dan Windows defender sudah aktif kembali.

Apa itu Windows Defender?

Windows Defender adalah antivirus bawaan Windows yang sangat ketat dalam melakukan pengamanan pada laptop dan komputer Anda.

Saya katakan ketat karena antivirus ini bekerja secara Real-time protection serta Browser integration. Jadi antivirus ini akan terus memantau setiap aktivitas Online maupun Offline di laptop dan komputer Anda.

Mungkin ada yang masih bingung dengan penjelasan di atas. Mari kita bahas secara lebih rinci di bawah ini:

  • Real-time protection Berfungsi untuk melindungi komputer secara langsung dan terus menerus (pada sistem Windows).
  • Browser integration Berfungsi sebagai proteksi ketika komputer sedang terhubung ke Internet.

Sangat aman sekali bukan antivirus bawaan dari Windows sendiri? Jadi kamu jangan takut lagi dengan virus dan malware yang mengancam laptopmu.

Akhir Kata

Nah itulah sob cara mematikan Windows defender di Windows 10 secara sementara dan juga permanen. Inti dari pembahasan di atas kita dapat melakukan 3 cara yaitu:

  1. Melalui pengaturan Security.
  2. Melalui Registry Editor (Regedit).
  3. Melalui Services.

Sampai disini saja pembahasan kita kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Hatami
Hatami Cuma anak kemarin sore yang ingin terus belajar dan berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *